Tuesday 28 July 2015

 

 Siapa sih di Dunia ini yang tidak suka makan ? Makan merupakan kebutuha pokok, yang akan menyediakan energi bagi tubuh kita untuk beraktivitas. Biasa nya orang makan dalam satu hari yaitu 3 kali , pertama makan pagi (sarapan) , makan siang , dan makan malam.

Tetapi kadang kita lupa atau sudah keseringan melakukan kebiasaan buruk setelah makan , yang mengakibatkan kita mudah lelah, mengantuk, bahkan mudah terserang berbagai penyakit. Dan ada juga mereka yang makan menyesuaikan dengan kebutuhan aktivitasnya.

Nah, dalam artikel kali ini , saya akan berbagi informasi tentang Kebiasaan Buruk Setelah Makan yang sebaiknya tidak boleh di lakukan.

1. Merokok setelah makan

Para peneliti telah memperingatkan kepada perokok untuk tidak merokok sehabis makan. Setiap batang rokok yang anda hisap sehabis makan, 10 kali lebih berbahaya saat memasuki aliran darah, itu karena sistem pencernaan anda sangat aktif, sementara nikotin akan mengikat dirinya dalam oksigen darah.  

2. Makan buah

Rasul menyunahkan kita untuk makan buah sebelum makan-makanan poko , karena kalau kita makan buah sebelum makan , pencernaan kita akan dibersihkan terlebih dahulu , dan yang terpenting itu adalah sunah. 
Jika anda makan buah setelah makan ada kemungkinan besar akan mengakibatkan kelebihan gas, menjadi racun bahkan membusuk di saluran pencernaan. Dan juga mendorong pembentukan selulit. Cara terbaik untuk mengkonsumsi buah adalah pada saat sebelum makan-makanan poko atau pada saat perut kita kosong.

3. Minum teh

Orang jaman dahulu mempercayai bahwa teh dapat membantu melancarkan pencernaan, tapi itu sebenarnya tidak. Teh justru akan memperlambat pencernaan anda. Orang yang menderita Anemia khususnya, lebih baik tidak minum teh setelah makan minimal 1 jam.

4. Berenang

Berenang adalah salah satu olahraga yang baik bagi tubuh, tetapi tidak baik jika dilakukan setelah anda makan besar. Air biasanya meningkatkan aliran darah tubuh, tapi setelah makan semua darah masuk ke sistem pencernaan sementara tubuh yang lain membutuhkannya jika anda sedang berenang. Perubuhan suhu yang mendadak dalam tubuh juga sangat berbahaya.

5. Latihan

Olahraga setelah makan terutama dibagian pinggang, dapat menyebabkan usu melilit dan sistem pencernaan akan menjadi lebih lambat.

6. Kegiatan fisik

Kebanyakan orang berfikir bahwa bergerak dan beraktivitas setelah makan itu sehat, nyatanya itu tidak! Setiap aktivitas fisik setelah makan dapat memblokir sistem pencernaan dan menghentikannya dari menyerap semua nutrisi dalam makanan.

7. Tidur

Sebaiknya setelah kita makan jangan langsung tidur , itu adalah hal yang perlu anda ketahui. Ketika anda tertidur, tubuh dan semua sistemnya akan melambat, termasuk dalam mencerna makanan. Bahkan jika tidak tertidur pun, posisi anda tiduran pun dapat berbahaya bagi lambung dan cairan pencernaan.

Sekian artikel ini saya informasikan , semoga bermanfaat bagi anda..

0 komentar:

Post a Comment